by

5 Fitur Canggih yang Ada pada Mobil SUV versi 2019

“Tahun baru, fitur baru,” begitu kata pecinta dunia otomotif. Sudah lama mobil SUV dikenal luas memiliki kemampuan khusus saat menghadapi jalanan naik atau tanjakan. Pada tahun 2019 ini, rata-rata vendor mobil jenis ini menampilkan fitur baru dan canggih. Penasaran apa saja fiturnya? Yuk mari kita simak dulu beberapa fitur keren berikut ini.

5 Fitur Canggih yang Ada pada Mobil SUV

  1. Ada Fitur Blind Spot Warning System

Fitur ini bisa Anda temukan di mobil Toyota CH-R versi terbaru. Apa fungsinya? Saat Anda hendak pindah jalur, fitur secara langsung akan aktif. Cara kerjanya sangat sederhana. Pada bagian kaca spion mobil sudah terpasang sensor bernama blind spot. Sensor inilah yang akan memberi tahu Anda jika ada mobil yang berada di samping Anda.

Dengan begitu, Anda jadi bisa menyiapkan diri beberapa saat sebelum pindah jalur. Ini yang biasanya sering bikin runyam pada sebagian pengendara. Khususnya yang tidak ada kaca spion sama sekali. Apalagi jika mobil dalam kecepatan tinggi. Dengan kata lain, blind spot warning system bisa mencegah terjadinya gesekan atau bahkan tabrakan di jalan raya.

  1. Fitur Bantuan saat Memarkir Mobil

Memang tidak semua mobil SUV dilengkapi dengan fitur ini. Adanya fitur ini bisa memudahkan Anda saat memarkir mobil. Bahkan bisa dilakukan secara otomatis. Keren, ya? Jadi, tidak perlu lagi bantuan tukang parkir untuk memberi aba-aba. Selain menghemat waktu, fitur ini memberi kenyamanan saat parkir serta keluar dari tempat parkiran.

Semua itu terjadi karena mobil sudah dilengkapi dengan komputer mesin. Jadi, perintah yang sampai pada bagian rem serta pedal gas bisa dilakukan secara otomatis. Bagaimana bisa seperti itu? Sebab, tugas pemberi aba-aba diserahkan pada sensor dan kamera yang terpasang pada bagian depan, samping, serta belakang.

  1. Hill Start Assist

Apakah Anda suka jalan-jalan ke puncak dengan mobil? Kini fitur hill start assist sudah ada pada jenis mobil ini. Fitur ini berfungsi untuk menahan selama kurang lebih 2-3 detik agar mobil tidak lantas meluncur ke belakang. Mengingat beberapa tanjakan saat naik gunung cukup curam, maka keberadaan fitur ini sangat diperlukan.

Cara kerjanya sangat sederhana. Semuanya bergerak dan berpadu-padan dengan baik berkat adanya teknologi berbasis komputer. Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu menginjak pedal rem beberapa detik saja. Saat Anda menginjak pedal gas, maka fitur ini akan terlepas dengan sendirinya.

  1. Hill Descent Control

Jika hill start assist membantu mobil Anda tetap aman ketika menapaki jalan tanjakan, maka fitur ini bekerja sebaliknya. Saat anda menuruni jalanan yang cukup curam, fitur ini tetap bisa mencengkeram medan pijakan dengan baik. Jadi, potensi untuk meluncur bebas dan tak terkendali bisa berkurang. Bahkan bisa ditiadakan berkat adanya hill descent control.

Cara kerja fitur hill descent control berpadu-padan dengan fitur lain, yakni wheel speed sensor, rem ABS, serta kontrol traksi. Bukan hanya ban belakang yang terkontrol, melainkan keempat ban sekaligus. Maklum, jenis mobil ini mayoritas memang memiliki 4 penggerak roda. Alhasil, kecepatan saat turun pun jadi lebih lambat dan mudah untuk mengaturnya.

  1. Adaptive Cruise Control

Sama seperti fitur canggih sebelumnya, adaptive cruise control juga mengandalkan sensor pada mobil untuk bekerja secara otomatis. Adanya fitur ini memungkinkan mobil Anda jadi bisa mengerem secara otomatis saat ada mobil lain di depannya.

Pasti sudah tidak sabar ya mau menjajal kelima fitur canggih tersebut. Itu baru awal. Di tahun-tahun mendatang, sistem mobil yang bergerak secara otomatis akan lebih semarak lagi. Sebab, di dunia inovasi, perubahan pada mobil SUV bergerak begitu cepat. Tidak terkecuali untuk mobil pabrikan terkenal seperti Toyota yang selalu adaptif pada perkembangan zaman.

News Feed