by

5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari atau Bangun Tidur

Kebutuhan cairan tubuh manusia memang bervariasi, namun pentingnya mengonsumsi air minum sama pentingnya. Selain menjaga cairan tubuh, manfaat air putih sangat banyak dan membantu menunjang aktivitas sehari-hari [1].

Tubuh manusia sendiri memiliki sistem dan jam kerjanya masing-masing. Untuk menunjang daya fokus dan menstimulasi tingkat kesadaran diri biasanya dapat diawali dengan mengonsumsi air putih.

Begitu juga sejak pagi, faktanya air putih setelah bangun tidur atau pagi hari mampu memberikan banyak manfaat [2].

Memang terkesan simpel namun ada banyak manfaat dari segelas air minum yang dikonsumsi setiap harinya. Bahkan air mineral yang diolah dengan baik kaya akan mineral seperti Magnesium, Kalsium, Zinc, Silica, dan lain sebagainya.

Lalu apa saja manfaat yang diraih setelah mengonsumsi air putih di pagi hari?

  1. Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme tubuh rupanya dapat meningkat dengan segelas air putih setiap pagi. Para ahli mengklaim bahwa kebiasaan minum air putih di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme, mengatur berat badan dan membakar kalori [1].

Segelas air putih setiap pagi juga mengontrol kadar lemak di perut pasca istirahat. Organ akan terangsang dan kembali aktif untuk mengerjakan masing-masing tugasnya.

  1. Detoksifikasi Tubuh

Racun dalam tubuh memang harus dikeluarkan atau proses yang dinamakan ekskresi menjadi penting. Manfaat segelas air putih pada pagi hari akan membantu mengeluarkan sisa metabolisme malam hari dari tubuh [1].

Beberapa saluran menjadi jalur keluarnya racun, baik dari pori-pori kulit atau urine. Kondisi badan akan merasa lebih segar dengan segelas air minum beserta manfaatnya.

  1. Merawat Kesehatan Kulit

Rupanya menjaga kesehatan kulit bisa diawali dengan segelas air putih di pagi hari. Kebiasaan ini membuat kulit tetap terhidrasi dan menjaga konturnya tetap kenyal.

Keadaan kulit yang lembab serta jauh dari kekeringan memacu kesehatan kulit. Tentu kulit yang jauh dari kata kering akan terhindar dari berbagai macam iritasi kulit [3].

Kondisi ini juga berlaku untuk area kulit di sekitar wajah, sehingga kandungan air mineral yang teratur dapat menjaga mood atau emosi serta mencegah munculnya jerawat.

  1. Memacu Produktivitas

Selain untuk tubuh, rupanya produktivitas bisa juga terpacu melalui segelas air minum di pagi hari. Tubuh akan merespon cairan yang masuk dan membuat energi dari tubuh tersalurkan lebih cepat [3].

Kebutuhan cairan tubuh akibat proses di malam hari akan tergantikan dan membuat badan menjadi lebih segar. Asupan kalori dan sarapan bergizi juga menyempurnakan produktivitas tubuh.

Tentu kegiatan sehari-hari di pekerjaan maupun kegiatan lain akan dapat dilalui dengan lancar.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Bukan hanya organ, namun segi psikis juga mendapatkan efek dari segelas air putih di pagi hari. Manfaat ini merangsang kinerja otak dalam merespon cairan tubuh yang hilang di malam hari.

Tubuh akan terstimulasi dengan kesadaran yang perlahan-lahan meningkat. Setelah melakukan berbagai kegiatan penunjang seperti mandi, sarapan, dan melakukan persiapan aktivitas tentu membuat badan menjadi lebih siap [3].

Badan yang sigap dan siap akan membuat kinerja otak berfungsi lebih aman tanpa ada efek kejut layaknya mimpi buruk.

Proses alami dari segelas air putih di pagi hari akan memberikan efek yang baik. Dokter juga menyarankan untuk mengawali hari dengan segelas air putih guna menjaga cairan tubuh tetap terisi.

AQUA memberikan kualitas dan manfaat air putih yang baik bagi tubuh dengan memenuhi 9 kriteria, 5 syarat, dan 1 tahun penelitian oleh para ahli geologi dan geohidrologi [4].

Sebanyak 17 sumber mata air pegunungan di Indonesia dari Sabang sampai Merauke terjaga kualitasnya dan didistribusikan untuk memenuhi kesehatan para konsumen.

Merek AQUA juga sudah terpercaya lebih dari 45 tahun. Penuhi cairan tubuh kamu setiap saat dengan AQUA, Karena Kebaikan Berawal Dari Sini [4].

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Hal ini selaras dengan komunikasi baru AQUA, “Terlindungi Untuk Melindungi”.

Referensi:

  1. https://www.alodokter.com/inilah-manfaat-minum-air-putih-setelah-bangun-tidur
  2. http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-saja-manfaat-minum-air-putih-setelah-bangun-tidur
  3. https://www.halodoc.com/jangan-dilewatkan-manfaat-minum-air-putih-di-pagi-hari
  4. https://www.sehataqua.co.id/minum-air-mineral-berkualitas-untuk-jaga-kesehatan-pada-musim-pancaroba/

News Feed