Cara Download dan Tutorial Memainkan Game PS1 Di Android

Teknologi24 views

Demam game online di Tanah Air semakin meluas. Hal ini dikarenakan fenomena E-Sports yang semakin tren di berbagai belahan dunia. Ditambah lagi tema yang dihadirkan cukup beragam, mulai dari Battle Royale, MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game), Strategy, hingga MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Walaupun game online saat ini sangat populer, namun tidak sedikit juga para gamers yang rindu dengan game console PS1. Sehingga mereka mencari cara download game PS1 di Android sekaligus cara main game PS1 di Android serta mencari emulator PS1 terbaik.

Generasi milenial yang sempat merasakan era 1990an pasti tahu betul betapa mengasyikannya bermain Playstation 1. Game console ini pertama kali muncul sekitar tahun 1994. Sony pada saat itu melahirkan gebrakan baru di industri game. Untuk memainkan PS1, pemain harus menggunakan CD ROM dan stik sebagai kontroler. Di tahun 2006, produksi game console ini pun diberhentikan, karena para gamers mulai beralih bermain game console PS2 dan PS3 yang kebetulan juga rilis pada tahun 2006.

PS1 sempat menjadi primadona generasi muda 90an dan menjadi media hiburan mereka. Apalagi kalau sudah bermain bersama di rental PS. Wah, sangat seru ya kalau diingat-ingat lagi. Apakah kamu juga rindu dengan game PS1? Mau tahu cara main PS1 di Android? Kalau mau, silahkan simak informasi selengkapnya di bawah sini:

Emulator PS1 Terbaik

Sebelum masuk ke cara main game PS1 di Android, Hinet ingin merekomendasikan beberapa emulator PS1 terbaik yang bisa kamu pilih:

1. ClassicBoy

Emulator pertama yang bisa kamu coba untuk bermain PS1 ialah ClassicBoy. Emulator besutan PortableAndroid ini ibarat sudah seperti ‘gado-gado’. Di dalamnya tersedia varian game konsol klasik yang mungkin hanya diketahui oleh kaum milenial generasi 90an, mulai dari Nintendo 64, SEGA, NES, NoeoGe, dan Playstation.

Untuk persoalan konfigurasi dan fitur-fiturnya, ClassicBoy lumayan lengkap, seperti adanya setting controler dan audio. Menariknya, emulator game konsol ini bisa kamu unduh secara gratis di Google PlayStore.

2. FPSe for Android

Emulator kedua yang bisa kamu jadikan pilihan adalah FPSe for Android. Emulator yang diadaptasi dari emulator PC ini dirancang khusus untuk memainkan game konsol PS1 di Android. Untuk mendapatkan emulator ini, Hinet Lovers harus membayar sekitar IDR 45 ribuan dan membelinya di Google PlayStore.

Meskipun begitu, FPSe memiliki segudang fitur menarik, mulai dari adanya slot penyimpanan data game, pengaturan kontrol, hingga akses unduh plugin yang sangat praktis. Tidak hanya itu saja, di emulator ini pun terdapat menu kode cheat.

3. ePSXe

Satu lagi emulator PS1 terbaik yang juga Hinet rekomendasikan untukmu, yaitu ePSXe for Android. Emulator game konsol yang satu ini bisa dibilang cukup populer di kalangan masyarakat. Dikarenakan ePSXe mampu memberikan pengalaman menyenangkan saat bermain game PS1. Sama seperti FPSe, untuk mendapatkan emulator ini kamu juga harus membayar sebesar IDR 49 ribuan dan mengunduhnya di Google Playstore

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ePSXe mampu memberikan pengalaman mengasyikan ketika bermain game PS1 di Android. Alasannya, ePSXe didukung oleh grafis kece yang dikembangkan oleh OpenGL. Fitur-fitur yang akan Hinet Lovers rasakan juga dari emulator ini yakni adanya fitur ‘save’ dan ‘load’ yang memungkinkan pengguna untuk memainkan kembali game yang sudah disimpan.

Cara main Game PS1 di Android

Sesudah mengetahui beberapa rekomendasi emulator PS1 terbaik, kali ini Hinet akan mulai membagikan tutorial bermain game PS1 di Android. Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah menginstal emulator PS1 di Android. Berikut tata cara menginstal emulator PS1. Dalam hal ini, Hinet akan memilih ePSXe sebagai modelnya:

  1. Pertama unduhlah aplikasi ePSXe di Playstore. Jika kamu menginginkan versi gratisnya, Hinet Lovers dapat mencari APKnya di browser
  2. Setelah itu, install APK ePSXe yang sudah diunduh. Dengan catatan, jangan langsung digunakan
  3. Unduh BIOS file PS1 (SCPH1001.bin) yang bisa kamu dapatkan juga di browser
  4. Setelah BIOS terunduh, pindahkan BIOS file (SCPH1001.bin) ke folder Internal / ePSXe / bios
  5. Jika sudah dipindahkan ke file tersebut, maka kamu sudah bisa menggunakan emulator ePSXe dan pilih untuk jalankan BIOS
  6. Tunggu hingga ePSXe selesai memprosesnya, kemudian klik OK

Cara Main Game PS 1 di Android

Sesudah ePSXe dan BIOS terinstal di Android, maka selanjutnya ialah mengunduh game-game PS1-nya. Bagaimana cara download game PS1 di Android dan memainkannya di emulator? Berikut langkah-langkah cara download game ps1 di android yang bisa kamu lakukan. Perhatikan baik-baik!

  1. Apabila kamu ingin mengunduh game PS1, silahkan kunjungi laman ini https://www.emuparadise.me/Sony_Playstation_ISOs/List-All-Titles/2 (copy paste link ini ke kolom pencarian web). Di sini terdapat ratusan file ISO PS1 yang dapat kamu unduh secara gratis
  2. Apabila kamu sudah mengunduh gamenya, ekstrak file ISO game tersebut
  3. Pindahkan file ke SD Card agar game dapat discan dan dijalankan
  4. Bukalah aplikasi ePSXe dan pilih opsi “Jalankan Permainan”, kemudian ePSXe akan melakukan scanning otomatis di SD Card. Dengan begitu, game-game yang terdeteksi bisa ditampilkan ke dalam emulator
  5. Terakhir, pilih game yang mau Hinet Lovers mainkan dan klik game tersebut untuk membukanya