by

Cara Investasi Emas Secara Syariah dan Jual Belinya

Investasi emas online merupakan salah satu cara menabung yang aman, terjangkau dan mudah untuk dilakukan.

Bagaimana cara investasi emas Syariah yang mudah dan menguntungkan ?

  • Sebelum membahas lebih jauh soal investasi emas, saya ingin kita melihat perkembangan harga emas sepanjang sejarah.
  • Kenapa? Karena selama ini banyak orang berasumsi bahwa investasi emas adalah investasi yang resikonya sangat kecil.
  • Apakah betul bahwa emas adalah investasi dengan resiko sangat kecil ?

Harga Emas

  1. Harga emas tidak selalu meningkat tetapi berfluktuasi sesuai dengan kondisi pasar, sehingga anggapan bahwa emas adalah investasi resiko rendah tidak terbukti dengan data harga emas ini.
  2. Karena harga emas dalam US$ maka harga emas dalam Rupiah tidak hanya ditentukan oleh tingkat harga emas di pasar dunia tetapi juga nilai tykar rupiah terhadap US$.
  3. Jika ingin melakukan kredit emas, Anda perlu berhati-hati karena harga emas tidak selalu meningkat sementara kewajiban bunga kredit emas adalah sesuatu yang harus Anda bayar.

Keuntungan Investasi Emas

  1. Trend harga emas diatas kenaikan inflasi sehingga bisa memberikan perlindungan atas resiko inflasi yang pelan tapi pasti menggerogoti daya beli.
  2. Dalam ekonomi resesi atau ketidakpastian, nilai harga emas cenderung paling stabil atau bahkan meningkat dibandingkan instrumen investasi lainnya, karena dalam situasi krisis investor cenderung membeli dan menyimpan emas.
  3. Mudah sekali dicairkan dengan cukup menjual emas dan uang penjualan bisa langsung diterima, sehingga emas disebut sebagai salah satu instrumen investasi paling likuid.
  4. Dengan tabungan emas online, investasi emas bisa dimulai dengan nilai investasi kecil, mulai dari Rp 5,000 sudah bisa berinvestasi.
  5. Resiko emas relatif rendah karena fluktuasi harga emas yang relatif kecil, kenaikan dan penurunan tidak drastis dalam jangka pendek.
  6. Emas bisa dijadikan jaminan untuk digadaikan dan emas adalah asset yang paling diterima untuk gadai.

Beli Jual Emas Online

Muncullah penawaran beli jual emas secara online. Setelah mempelajari dan mencoba, saya menilai investasi emas online sangat menarik.

Apa dan bagaimana mekanismenya ?

Anda dapat membeli emas secara online lewat aplikasi atau website resmi, Anda tidak perlu lagi ke toko emas, jika Anda sudah mendapatkan emas dari aplikasi atau website kemudian tinggal Anda lakukan transaksi pembayaran via transfer, nanti jumlah emas yang sudah dibeli akan tercatat di aplikasi atau situs yang sudah menentukan dimana tempat Anda beli emas tersebut.

Bagaimana fisik emas?

Disini unik dan menariknya. Fisik emas tidak Anda terima, tetapi setiap saat butuh fisik emas, Anda tinggal memesan untuk dicetakan emas dalam bentuk logam mulia dan bisa di ambil fisiknya.

Cara jual beli emas online mempunyai keuntungan lebih dibandingkan dengan cara pembelian emas secara offline.

  1. Anda tidak perlu datang ke toko emas karena cukup melakukan secara online. Jelas ini menghemat waktu dan bisa dilakukan at anytime anywhere.
  2. Anda tidak perlu keluar biaya tambahan untuk menyewa safe deposit box di bank. Paling tidak, saya habis biaya sewa SDB di bank Rp 1 jutaan setahun.

Meskipun di investasi emas online terdapat biaya tahunan, tetapi pengalaman saya, biaya tahunan lebih murah dibandingkan biaya sewa SDB di bank.

Jika suatu saat butuh fisik emas, Anda tinggal pesan ke tempat Anda beli untuk mencetak emas yang Anda miliki.

  1. Minimum pembelian di investasi emas online sangat terjangkau karena nilai minimum yang kecil. Mulai dari harga Rp 500 Anda sudah bisa beli emas.

Bayangan jika melakukan investasi emas itu mahal dan Anda membutuhkan dana besar, semua itu sudah tidak berlaku jika Anda berinvestasi emas secara online.

  1. Untuk menjual emas sangat mudah dan tidak perlu membawa emas ke toko, cukup jual secara online dan uang hasil penjualan masuk rekening bank konsumen.

Dengan cara penjualan online ini, konsumen lebih aman karena tidak ada resiko emas dicuri atau hilang ditengah jalan. Ketahui juga informasi tentang Isuzu Indonesia.

News Feed