by

Bagaimana Cara Menulis Cerpen dengan Mudah

Bagaimana cara menulis cerpen memiliki langkah-langkah yang bisa memudahkan anda untuk menulis sebuah cerpen. Pembuatan cerpen tentunya harus memiliki teknik menulis dan imajinasi yang baik. Tapi janganlah berkecil hati bila anda mengikuti cara-cara ini, membuat cerpen terasa lebih mudah.

Cara Menulis Cerpen dengan Mudah:

Cara untuk Mempermudah Membuat Cerpen

  1. Tentukan Tema dan Judul Cerpen

Hal pertama yang anda lakukan bila ingin membuat cerpen adalah menentukan tema cerpen yang akan anda buat. Ada banyak sekali tema yang bisa anda ambil untuk dijadikan cerpen seperti cerita pribadi cerita dari teman bahkan cerita fiksi pun sangatlah bisa untuk dijadikan sebuah cerpen. Penentuan tema pada pembuatan cerpen membuat pengerjaan anda semakin mudah. Karena ada batasan untuk cerita yang akan anda jadikan sebuah cerpen.

Setelah anda sudah menentukan tema, maka untuk lebih mempermudah anda dalam pembuatan cerpen dibutuhkan sebuah judul cerpen. Jadi tema yang sudah anda tentukan akan di persempit lagi menjadi sebuah judul. Catatan sebuah tema terkadang tidak sesuai dengan judul, jadi jangan anda anggap tema itu sama seperti judul.

  1. Tentukan Tokoh dan Karakter Dalam Cerita

Penentuan tokoh dan karakter dalam cerpen sangatlah penting karena dengan adanya tokoh dan karakter cerita tersebut tidaklah ambar justru akan membuat cerita itu bagus. Penentuan tokoh dan karakter juga bertujuan agar anda tidak terjebak pada waiter’s block. Hal ini sering sekali terjadi karena kita tidak tahu tokoh dan karakter tersebut. Maka dari itu penentuan tokoh dan karakter sangatlah penting.

  1. Tentukan Alur Cerita

Saat kita membuat cerpen hal yang ke tiga yang anda lakukan adalah menentukan alur cerita. Terdapat tiga alur cerita yang bisa anda ambil untuk membuat cerpen. Pertama alur cerita maju kedua alur cerita mundur dan yang ketiga adalah alur cerita maju mundur.

Tentukan alur cerita mana yang cocok untuk cerpen yang akan anda buat. Dari ketiga alur tersebut tidak ada yang terbaik karena setiap alur memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  1. Buatlah Paragraf Pertama yang Menarik

Paragraf pertama akan menentukan sekali cerpen yang anda buat. Buatlah semenarik mungkin untuk paragraf pertama cerpen anda, dari cerpen pada awal paragrafnya menarik maka sudah dipastikan si pembaca akan melanjutkan membacanya. Sebaliknya bila pada paragraf pertama saja sudah membosankan maka si pembaca juga akan malas untuk meneruskan membaca cerpen tersebut.

Buatlah semenarik mungkin pada paragraf cerpen pertama anda, buatlah si pembaca tidak merasa bosan saat pertama ia membacanya.

  1. Buatlah Ending yang Menyentuh

Pembuatan ending yang menyentuh bertujuan untuk si pembaca akan selalu ingat pada tulisan atau cerpen yang anda buat. Jadikan si pembaca setelah membaca cerpen anda menjadi berkaca kaca bahkan sampai meneteskan air mata.

Ada tiga kategori yang bisa anda ambil untuk paragraf terakhir cerpen. Pertama happy ending yang kedua sad ending dan yang ketiga adalah cliffanger. Ketiga kategori tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, hanya andalah yang bisa mengembangkan ending tersebut dalam sebuah imajinasi anda.

  1. Buatlah Pesan Didalam Cerita

Pembuatan cerpen yang baik adalah menyisipkan pesan di dalamnya, jadi janganlah sekali kasi membuat cerpen yang tidak mengandung pesan. Pesan dalam cerpen dibaratkan sebuah batang, makannya pesan dalam cerpen sangatlah penting. Bila pesan anda baik maka si pembaca akan selalu mengingat pesan tersebut. Bahkan akan menerapkannya dalam kehidupan mereka.

News Feed