by

Fungsi Dari Masker Corona

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa dunia saat ini sedang digemparkan oleh mewabahnya virus corona yang berasal dari Negara China. Penyakit yang satu ini memang cukup menakutkan, karena bisa menular melalui udara dan bisa berujung dengan kematian lho! Hal itu pun tebukti, dimana sudah banyak terjadi kasus kematian yang disebabkan karena penularan virus corona.  

Mengingat bahanya penyebaran virus corona, tentu saja menggunakan masker merupakan pilihan yang paling tepat untuk mencegah penularan tersebut. Soalnya, virus corona bisa menular melalui percikan air liur si penderita ketika bersin, batuk, atau bahkan saat berkomunikasi. Ya, jika kita menghirup percikan air liur dari si penderita, tentu saja kita akan titular oleh virus corona. 

Pilihan Masker Yang Tepat Untuk Mencegah Virus Corona

Menurut informasi yang didapat, ada jenis masker yang bisa menangkal polusi tapi tidak bisa menangkal virus corona, begitu pun sebaliknya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui jenis masker seperti apakah yang efektif untuk mencegah penularan virus corona. Hingga saat ini, hanya ada dua jenis masker yang mampu menangkal penularan virus corona seperti dibawah ini:

* Masker Bedah

Masker bedah alias surgical mask ini adalah jenis masker sekali pakai, yang sering digunakan oleh para petugas medis ketika bertugas. Masker bedah tersebut bisa dijadikan pilihan tepat untuk menangkal penularan virus corona, dikarenakan ia mempunyai lapisan yang dapat menangkis pecikan air liur. Masker bedah ini mempunyai 3 lapisan, yakni lapisan luar (anti air), lapisan tengah (sebagai penyaring kuman), dan lapisan dalam (yang dapat menyerap caiian yang keluar dari mulut sipengguna). 

* Masker N95

Selain masker bedah, anda juga sangat disarankan untuk menggunakan masker N95 sebagai penangkal penularan virus corona. Namun, harga masker N95 ini tebilang cukup mahal lho. Meski mahal, masker tersebut sangat efektif untuk melindungi diri anda dari penularan virus corona. Ya, selain dapat menangkis percikan air liur, masker N95 ini juga dapat menghalau partikel kecil di udara yang mengandung virus. 

Dibandingkan dengan jenis masker bedah, maske N95 ini terasa lebih ketat diwajah karena memang desainnya dibuat khusus untuk menutupi lubang hidung dan mulut orang dewasa. Dengan kata lain, ukuran masker N95 hanya cocok untuk orang dewasa saja. Bukan hanya itu, masker N95 juga tidak boleh digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Soalnya, desain dari masker N95 ini dapat membuat anda kesulitan bernafas, gerah, dan tidak betah berlama-lama saat menggunakannya. 

Cara Yang Benar Menggunakan Masker 

– Pastikan bahwa anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu sampai bersih.

– Apabila anda menggunakan jenis masker bedah, maka pastikan bahwa sisi luarnya berwarna hijau dan sisi dalamnya berwarna putih.

– Pasanglah tali masker dengan baik. Jika maskernya harus diikat, maka ikatlah bagian atas terlebih dahulu kemudian lanjut ke bagian bawah.

– Pastikan maskernya menutupi bagian hidung, mulut, dan dagu secara sempurna. Pastikan juga bagian yang ada logamnya berada di batang hidung.

– Lekukkan strip logam yang mengikut lekukan hidung agar tidak menyisakan celah.

– Hindari menyentuh bagian tengah masker ketika menggunakan dan melepaskan maskernya.

– Buang masker ke tempat sampah, dan cuci tangan anda sampai besih setelah selesai menggunakan maskenya.

Nah, bagi yang lagi nyari tempat jual masker N95 secara online, silahkan kunjungi situs Farmaku

Hosting Unlimited Indonesia

News Feed