Ingin Tahu Perbedaan Android Tv & Smart Tv? Simak Poin-poin Berikut

Teknologi16 views

Televisi dahulu hanya dipakai untuk menikmati tontonan media dalam negeri, kini dengan mudahnya kita bisa menonton semuanya lewat android tv, tapi ada juga istilah smart tv, android tv dengan smart tv tersebut memiliki beberapa perbedaan. Untuk tahu beberapa perbedaan smart tv dan android tv, kalian bisa simak beberapa poin berikut.

Sistem Operasi

Sistem operasi/ OS atau perangkat lunak yang ditanamkan pada kedua jenis TV ini sangat berbeda. Kalau umumnya perangkat smart tv memakai OS Tizen dengan memakai smarthub atau HDMI cable.

Sementara sistem yang ada pada android TV memakai OS lebih canggih seperti sebuah perangkat smartphone android yaitu seri Nougat misal atau versi android lain. Dengan begitu, maka sistem ini bisa langsung terhubung juga ke Google Playstore dab Android Service lain.

Fitur

Poin lain yang menjadi perbedaan kedua TV ini yyaitu mengenai fitur, untuk Android TV tentunya lebih unggul jika berbicara mengenai fitur dari pada hanya menggunakan Smart TV karena bisa terkoneksi dengan internet.

Kemajuan teknologi android tv apa lagi sekarang sudah makin maju, sehingga banyak fitur-fitur yang dikembangkan untuk memenuhi kepuasan pengguna. Biasanya banyak yang memilih Android TV karena bisa dipakai untuk menonton Netflix, VIU dan lain sebagainya secara leluasa.

Masih banyak lagi fitur-fitur menarik lain dari Android TV yang tak ada pada perangkat Smart TV biasanya.

Memiliki akses ke Google Playstore

Hal satu inilah yang menjadi perbedaan utama dari kedua tipe TV ini, Smart TV saat digunakan tidak dapat mengakses layanan Google Playstore. Sementara untuk perangkat Android TV bisa mendapatkan akses untuk mengeksplorasi Google Playstore Services.

Mengingat OS yang dipakai yaitu Android, maka wajar saja kalau Android TV bisa digunakan untuk menikmati layanan spesial OS tersebut. Inilah yang mendasari mengapa Android TV semakin banyak peminatnya meski sama-sama merupakan televisi pintar. 

Bisa terhubung lebih leluasa dengan gadget

Baik itu Android TV atau pun Smart TV sama-sama mempunyai akses terhubung ke perangkat seperti smartphone. Tetapi Smart TV memiliki akses lebih terbatas untuk hal satu ini, sementara Android TV memiliki pengalaman terbaru dan leluasa dalam mengakses perangkat lain.

Memakai smartphone untuk fungsi Android TV pun bisa lebih leluasa nantinya.

Penginputan

Kalau dilihat dari penginputan, perangkat Android TV dirasa lebih unggul dari pada perangkat Smart TV. Karena akses yang bisa terhubung pada Android TV cukup fleksibel. Misal Android TV mempunyai kelebihan menginput perintah dalam bentuk suara.

Bukan hanya itu, kamu juga dapat mengakses bluetooth yang sudah disediakan perangkat Android TV tersebut untuk menghubungkan baik itu mouse, keyboard, aplikasi kontrol dan sebagainya.

Harga

Aspek perbedaan Smart TV dengan Android TV bisa kita lihat dari harganya. Meski ada banyak kelebihan yang didapat dari Android TV dari segi fitur dan OS, tetapi bisa saja Smart TV harganya lebih mahal, karena beberapa aspek seperti audio, resolusi visual, dan lain sebagainya.

Jika anda ingin memiliki Android TV karena fitur-fitur yang kaya layaknya seperti layaknya menggunakan smartphone Android, maka anda akan diuntungkan dengan harga-harga Android TV sekarang ini yang semakin terjangkau.

Itulah beberapa sisi perbedaan antara Android TV dengan Smart TV, tentunya masih ada beberapa lagi sisi lain yang membedakan kedua tipe TV tersebut. Sekian dan semoga bisa bermanfaat untuk anda.