by

Inilah Daftar Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Zat besi menjadi asupan utama untuk mencegah anemia. Senyawa ini tidak diproduksi secara alami dari dalam tubuh, sehingga kamu perlu mendapatkannya dari makanan yang tinggi zat besi atau suplemen. Jika kadarnya kurang dalam tubuh, maka akan muncul sejumlah masalah kesehatan, salah satunya adalah anemia. Sebelum hal tersebut terjadi,

Manfaat zat besi tak sebatas untuk mencegah anemia, tapi bisa membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Maka itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, yang berasal dari sayuran dan lauk-pauk. 

Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Ada banyak jenis makanan tinggi zat besi yang bisa Anda konsumsi. Tidak hanya sayuran yang mengandung zat besi, tetapi ada juga jenis buah, daging, dan ikan. 

Yuk, ketahui apa saja makanan yang tinggi zat besi lebih lengkap.

1. Kerang

Hampir semua kerang termasuk kelompok makanan yang mengandung zat besi tinggi. Namun, jenis kerang tiram dan remis merupakan sumber zat besi yang sangat baik. 

Sebab dalam porsi 100 gram kerang mungkin mengandung 3 mg (miligram) zat besi, yang memenuhi 17% kebutuhan harian. Selain kedua itu, jenis kerang lainnya memiliki kandungan zat besi yang bervariasi. 

Zat besi yang terkandung dalam kerang adalah jenis heme, yang lebih mudah diserap oleh tubuh. 

Tak hanya menjadi sumber zat besi, kerang juga terbukti bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL untuk kesehatan jantung,

2. Bayam

Tak perlu repot-repot mencari sayuran impor, nyatanya bayam adalah salah satu sayuran yang punya nutrisi lengkap. Sayuran ini mengandung zat besi cukup tinggi karena setiap 100 gram bayam mentah terdapat 2,7 mg zat besi. Jumlah tersebut sudah menyumbang 15% kebutuhan zat besi harian.

Namun, perlu diingat bahwa zat besi yang terkandung dalam bayam adalah jenis non-heme. Zat besi non-heme ini cenderung lebih lama diserap oleh tubuh.  Meski begitu, bayam tetap baik untuk dimakan, kok. Pasalnya, bayam juga punya kandungan vitamin C yang dapat bantu mempercepat penyerapan zat besi non-heme. 

Bayam juga kaya akan antioksidan karotenoid yang dapat mengurangi risiko kanker dan peradangan, serta melindungi kesehatan mata. 

3. Jeroan

Jangan salah, jeroan alias organ dalam sapi ternyata punya kandungan zat besi yang tinggi, lho, Fams! Contoh jeroan yang tinggi zat besi seperti ginjal, otak, dan jantung.  Pasalnya, 100 gram jeroan tersebut mengandung 6,5 mg zat besi. Jumlah tersebut dapat memenuhi 36% kebutuhan zat besi dalam sehari. 

Tak hanya itu, selain dianggap sebagai makanan yang mengandung tinggi zat besi, jeroan juga kaya akan protein, vitamin B, tembaga, dan selenium. 

Namun, hati-hati jika Anda punya kadar kolesterol tinggi. Jeroan bisa jadi makanan yang dipantang dokter. Maka itu, konsultasi dulu ke dokter sebelumnya.

4. Hati Ayam

Hati ayam adalah salah satu makanan sumber zat besi terbaik. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, di dalam 100 gram hati terdapat 15,8 mg zat besi. 

Oleh karena kandungan zat besi yang tinggi, hati sangat baik diberikan pada bayi yang masuk dalam masa MPASI. 

Tak hanya kaya zat besi, kandungan vitamin A di dalam hati ayam juga cukup tinggi. Bahkan, zat besi disebut juga sebagai sumber kolin terbaik, yang dapat menjaga kesehatan organ otak.

News Feed