by

Intip Plus Minus Seputar Helm Half Face

Menggunakan hem merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan bagi mereka yang mengendarai sepeda motor. Helm sendiri bukan hanya digunakan untuk mematuhi peraturan lalu lintas saja, namun juga berguna sebagai pelindung kepala bagi pengendara itu sendiri. Lantaran tidak seperti pengguna mobil, pengendara sepeda motor sangat rawan mengalami bentukan, terutama saat terjadi kecelakaan. Helm yang digunakan oleh pengendara haruslah yang berkualitas dan berstandar SNI, sehingga kepala dapat terlindungi dengan maksimal. Ada dua jenis helm yang saat ini banyak digunakan oleh pengendara motor, yaitu helm half face (tanpa penutup wajah) dan helm full face (menutup bagian kepala dan wajah).

Untuk helm tanpa penutup wajah atau half face lebih disarankan untuk digunakan saat berkendara jarak dekat pada kondisi cuaca bagus. Seperti untuk aktivitas pulang pergi kerja setiap hari atau perjalanan dalam satu kota. Jenis helm ini memang terbilang lebih praktis dibandingkan dengan jenis full face. Terkadang tanpa perlu melepaskan helm saat mampir-mampir sebentar ke mini market atau tempat tertentu sebentar saja tidak masalah. Sedangkan untuk jenis helm full face umumnya banyak digunakan untuk kegiatan touring, perjalanan jauh, atau mudik keluar kota. Helm ini mampu menghindari terpaan angin maupun air saat hujan.

Di jalan lebih banyak pengendara motor yang menggunakan helm half face. Hal ini lantaran berbagai kelebihan yang dimiliki, antara lain:

  • Mampu melindungi bagian atas, samping (telinga), dan bagian belakang kepala (leher).
  • Mudah dipakai dan dilepas.
  • Cocok digunakan untuk berkendara jarak dekat.
  • Beberapa helm jenis ini sudah dilengkapi dengan bantalan dari bahan kulit di bagian telinganya.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, ada juga kekurangan yang dimiliki oleh helm tanpa penutup wajah ini, yaitu:

  1. Suara bising dari luar saat berkendara masih tetap masuk ke telinga.
  2. Tidak memberikan perlindungan yang memadai bagi kepala, khususnya pada bagian muka, dagu, gigi, hidung, mata, dam leher karena tidak terdapat kaca pelindung pada bagian depannya.
  3. Tidak mampu melindungi pemakainya dari kondisi hujan, berdebu, berangin, serangga, hingga bahkan kerikil kecil yang beterbangan saat di jalan.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh helm half face. Menggunakan helm jenis ini memang lebih praktis dan mudah. Namun perlu diketahui juga, jika Anda sedang melakukan perjalanan jarak jauh, helm tanpa penutup wajah ini kurang begitu disarankan. Boleh saja Anda memiliki helm jenis ini, namun juga dengan penerapan yang tepat untuk kondisi berkendara tertentu. Bagi Anda yang sedang mencari helm ini secara online, bisa berkunjung ke Moladin. Di situs online ini menyediakan berbagai apparel atau perlengkapan dalam berkendara, salah satunya helm. Akan ada review dari pembeli sebelumnya untuk setiap produk yang ditawarkan. Sehingga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memiliki produk yang tepat.

News Feed