by

Manfaat Kandungan yang Terdapat dalam Kepiting untuk Tubuh

Makanan SehatKarena manfaatnya yang begitu besar untuk kesehatan manusia, sehingga menjadikan Kepiting salah satu makanan sehat yang paling digemari dikalangan pecinta kuliner makanan laut. Kepiting merupakan binatang subfilum crustacean memiliki kaki sepuluh, tubuhnya dilindungi oleh cangkang keras dan di lengkapi dengaan sepasang capit tajam untuk mempertahankan diri dan menangkap mangsanya.

Kepiting kerap di temukan di menu-menu masakan seafood yang banyak di sajikan di restoran mewah di seluruh dunia hingga pedagang seafood kaki lima. Meski di bunggkus dengan cangkang yang sangat keras, namun makanan sehat laut ini banyak yang buru. Bukan karena rasanya saja yang istimewa, melainkan kandungan gizi di dalam kepiting sangat melimpah.

3 kandungan Gizi yang menjadikan banyaknya manfaat yang terdapat dalam kepiting, yaitu:

makanan sehat

  • Vitamin B12

Vitamin B12 sangat di perlukan oleh tubuh manusia karena berfungsi membantu dalam pembentukan sel darah merah, serta membantu system saraf pusat dalam tubuh manusia. Vitamin ini biasanya terkandung alami dalam makanan hewani. Salah satu makanan sehat hewani yang memiliki kandungan vitamin B12 cukup banyak adalah kepiting. Penelitian menyebutkan terdapat sekitar 0,78 mcg vitamin B12 dalam 3 ons kepiting yang sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko seseorang terkena serangan jantung.

  • Protein

Kandungan protein yang terdapat di dalam kepiting berfungsi sebagai Zat pembangun dan pendorong metabolism dalam tubuh manusia, sehingga manusia memiliki energy yang cukup untuk beraktivitas. Kepiting adalah salah satu makanan sehat yang menyediakan stok atau kandungan protein yang cukup banyak. Dimana terdapat sekitar 16,45 gram protein dalam 3 ons daging kepiting. Ini berarti daging kepiting sangat membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda hingga 35%.

  • Sodium

Sodium atau lebih dikenal dengan nama natrium, merupakan jenis mineral penting yang ada dalam tubuh manusia. Sodium di produksi secara alami oleh tubuh manusia. Untuk penambahan sodium di dalam tubuh, anda bisa mengkonsumsibbeberapa makanan peningkat sodium , seperti garam. Meski tidak boleh di konsumsi secara berlebihan, namun sodium memiliki manfaat, seperti menjaga kinerja jantung dan ginjal, menyehatkan otot, melindungi jaringan otak, dan melancarkanpencernaan. Dalam 3 ons daging kepiting bisa tersedia kurang lebih 911 mg sodium. Jumlah tersebutadalah yang paling normal untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan sodium pada tubuh manusia, lebih dari itu, sodium justru akan berdampak terhadap fungsi jantung anda.

Selain ke-3 kandungan tersebut, Ada  beberapa kandungan baik untuk tubuh manusia  yang terdapat di dalam kepiting, yaitu :

  • Asam lemak Omega -3
  • Fosfor, dan
  • Selenium

Banyaknya kandungan penting dalam kepiting untuk tubuh manusia , tentu membuat banyak orang semakin gemar mengkonsumsi daging kepiting yang sudah jelas-jelas merupakan makanan sehat sekaligus nikmat.

Berikut ini adalah manfaat  mengkonsumsi kepiting yang sangat baik untuk kesehatan:

  • Menjaga kesehatan tulang

Meski tidak terlalu banyak, daging kepiting memiliki kandungan seng dan tembaga yang dapat meningkatkan penyerapan vitamin D, yaitu vitamin yang membantu menyerap kalsium yang baik untuk tulang. Oleh karena itu mengkonsumsi kepiting dapat mencegah pengroposan tulang anda.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Sudah di sebutkan diatas bahwa kepiting memiliki kandungan selenium. Kandungan ini dapat merangsang aktivitas system kekebalan tubuh atau imunitas. Tidak hanya itu, kepiting yang merupakan makanan sehat ini, dapat melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis dalam tubuh. Jadi sangat jelas bahwa kepiting adalah merupakan makanan sehat untuk meningkatkan imunitas bekerja dengan baik.

  • Menyehatkan Jantung

  • Mencegah anemia

Vitamin B12 yang dapat memproduksi sel darah merah yang sehat, sehingga bisa mencegah terjadinya anemia

  1. Meningkatkan sirkulasi darah
  2. Baik untuk ibu hamil
  3. Membantu kelancaran proses detoksifikasi tubuh

Supaya manfaat makanan sehat kepiting bisa dirasakan secara optimal, pilihlah kepiting segar, tidak bau yang berlebihan, dan tersimpan di tempat yang beku.

News Feed