by

Pemesanan dan Pembelian Tiket Kereta Api Online

Liburan akhir tahun sudah dekat, pada masa liburan, tiket kereta api akan selalu diburu. Sebagai moda transportasi darat yang paling aman, apalagi tiket kereta api murah, harga tiket kereta api promo, pasti akan langsung ludes sejak pada hari penjualan pertamanya.

Jenis Cara Pemesanan dan Pembelian Tiket Kereta Api

Pada dasarnya pemesanan dan pembelian tiket kereta api dapat dilakukan secara:

Cara Manual

Yakni dengan melakukan antri di depan loket tiket kereta api di stasiun, lalu membayarnya secara cash atau tunai, di loket tersebut, sehingga calon penumpang mendapat tiket kereta apinya atau manual boarding pass.

Cara Online

Yakni dengan melalui website penyedia layanan pemesanan  dan pembelian tiket kereta api, yang bisa saja adalah situs milik dan dikelola langsung oleh PT. KAI ataupun situs rekanan PT. KAI.

Tips Membeli Tiket Kereta Api

Agar mendapat tiket kereta api sesuai jadwal yang direncanakan dan jenis kereta sesuai yang diminati dan dengan biaya sehemat mungkin, maka perhatikanlah hal-hal berikut ini:

  • Rencanakan jadwal liburan dan perjalanan Anda seawal mungkin
  • Lakukan pemesanan dan pembelian tiket kereta api seawal mungkin, baik itu pembelian tiket kereta api secara manual maupun secara online
  • Jangan membeli tiket lewat calo, harganya bisa naik hingga dua kali lipat dari harga resmi atau bahkan lebih, dan ada risiko mendapat tiket palsu
  • Sebaiknya melakukan pemesanan dan pembelian tiket kereta api secara online karena bisa jadi harganya menjadi lebih murah, karena mendapat diskon atau juga karena adanya cashback, dan berbagai benefit atau keuntungan lainnya, jika dibandingkan dengan membeli secara manual.
  • Pahamilah tentang jenis-jenis kereta api, jadwal perjalanannya dan jenis fasilitas yang akan diperoleh hingga ke tingkat sub kereta per golongan zona tempat duduknya di setiap gerbongnya, kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda memperoleh gambaran yang pasti dan mendapat fasilitas sesuai yang Anda inginkan demi kelancaran dan kenyamanan perjalanan Anda.

Pembagian Kelas Gerbong Kereta Api

Pada dasarnya gerbong kereta api tersebut dibagi menjadi tiga golongan berikut ini:

  • Kereta Api Eksekutif atau executive class, sebagai kelas pertamanya yang paling lengkap fasilitas dan tingkat kenyamanannya.
  • Kereta Api Bisnis atau business class, sebagai kelas menengahnya.
  • Kereta Api Ekonomi atau economic class, sebagai kelas yang paling murah dan kelengkapan fasilitas yang lebih minim namun sudah cukup memadai

Ketiga kelas tersebut berbeda-beda fasilitas dan harganya, dengan fasilitas minimal tersedianya pendingin udara atau AC atau Air Conditioner di setiap gerbongnya.

Pembagian Area Tempat Duduk, di Dalam Setiap Gerbong Kereta

Pembagian tempat duduk dalam gerbong kereta api pun ada. Harga di setiap lokasi tempat duduk dalam gerbong kereta api akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat kenyamanan dan tingkat tinggi rendahnya peminatnya. Lokasi tempat duduk yang paling mahal pada biasanya terletak di area bagian tengah gerbong atau yang tidak jauh dari lokasi gerbong makan atau gerbong restoran. Sedangkan, tempat duduk lokasi termurah atau yang biasanya mendapat harga diskon atau promo adalah tempat duduk yang berada di berada di dekat pintu, atau di belakang toilet gerbong kereta api.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online dan Pembelian Tiket Kereta Api Online

Sebelumnya banyak sekali calon penumpang kereta api yang lebih akrab dan mengenal cara beli tiket kereta api dengan melakukan antri di loket di stasiun kereta api atau membeli tiket kereta api secara manual atau membeli dari calo, apalagi jika menjelang hari libur nasional seperti idul fitri atau natal atau libur idul adha ataupun liburan sekolah atau libur akhir tahun. Namun sekarang ini tidak perlu repot-repot antri untuk membeli tiket kereta api di loket penjualan tiket kereta api di stasiun atau membeli tiket kereta api dari calo, karena ternyata sudah dimungkinkan melakukan pembelian tiket kereta api dengan cara yang mudah. Berikut caranya.

1. Membuka situs laman Mister Aladin

Calon penumpang kereta api  dan pemesan tiket kereta api pertama haruslah mengakses laman situs https://misteraladin.com/ yakni situs one stop shoping untuk liburan, lalu arahkan anak panah di kolom pemesanan atau reservasi tiket kereta di area pojok kiri atas, maka dapat secara langsung terlihat mengenai tanggal perjalanan yang direncanakan, juga menentukan lokasi stasiun kereta api asal dan juga lokasi stasiun kereta api tujuan, juga tentang jumlah dari tiket yang akan dibeli. Pada biasanya tiket kereta untuk anak yang berumur batita, atau dibawah tiga tahun, adalah gratis. Jadi jika Anda ingin bepergian bersama keponakan, anak ataupun adik, yang usianya masih di bawah tiga tahun, maka bagi mereka, dapat tanpa dikenakan biaya jadi Anda tidak perlu membayar sepeserpun, namun juga tidak disediakan tempat duduk tersendiri, sehingga diasumsikan mereka selalu duduk bersama atau dipangku oleh penumpang dewasa yang menyertai mereka.

2. Cek Daftar Harga Tiket

Sebagai misal,  jika calon penumpang atau pemesan tiket kereta api mau membeli tiket kereta api Senja Utama ke kota Yogyakarta pada tanggal 20 Juni 2018 dari Stasiun asal yakni Gambir menuju ke Stasiun tujuan, yakni Tugu Yogyakarta, maka tak lama kemudian akan muncul beberapa ketersediaan pilihan waktu dan pilihan harga sesuai kelasnya. Anda juga bisa melakukan cek ketersediaan  kursi yang tersisa pada saat itu juga secara real time. Kemudian arahkan anak panah ke kolom tiket kereta api yang ingin Anda booking . Jika sudah benar dan pasti, lalu klik pesan atau “Booking”. Itulah cara pemesanan atau booking tiket kereta api online.

3. Konfirmasi Tiket yang Dipesan

Pada tahapan selanjutnya adalah munculnya pilihan untuk melakukan konfirmasi pemesanan terhadap tiket kereta api, yakni untuk cek kembali, apakah ada kekeliruan pemesanan tiket atau tidak terhadap tiket kereta api yang akan dilakukan pembayaran. Selanjutnya jangan lupa untuk mencentang kotak small box di bagian bawah dengan tulisan: Dengan ini kami setuju… dan seterusnya,  lalu klik pilihan untuk “Lanjutkan”.

4. Mengisi Data Penumpang

Selanjutnya isilah data para calon penumpang kereta api yang memesan sebagai pemesan tiket atau calon penumpang kereta api pada beberapa kolom yang telah tersedia. Ingatlah bahwa data yang diinput atau dimasukkan haruslah sesuai dengan kartu identitas masing-masing calon penumpang kereta api karena pada waktunya nanti ketika sudah di atas kereta akan dilakukan pemeriksaan apakah tiket yang dipegang oleh masing-masing penumpang sudah sesuai sebagaimana kartu identitas seperti SIM, atau KTP atau paspor nya atau tidak. Lalu seandainya Anda pergi bersama anak-anak yang belum punya kartu identitas, maka bisa dipergunakan nomor kartu C4 atau KK atau Kartu Keluarga. Setelah selesai hal tersebut di atas, kliklah pilihan “Selanjutnya”.

5. Cek ulang data serta proses pembayarannya

Pada halaman selanjutnya, Anda dapat mengecek ulang keseluruhan informasi data yang telah diinput atau dimasukkan sebelumnya. Jika memang perlu dapat juga dilakukan penggantian dari nomor tempat duduk di gerbong kereta api sesuai keinginan pemesan tiket, calon penumpang kereta api, dengan cara mengklik tombol pilihan “Pindah”. Jika semuanya sudah benar dan telah sesuai keinginan, dan data yang diinput sudah benar, maka tahapan selanjutnya adalah pembayaran. Pembayaran terhadap tiket kereta api yang telah dipesan tersebut dapat dilakukan dengan cara yang beraneka rupa, yakni dapat melalui ATM, internet elektronik banking, atau mobile banking dengan menggunakan data kartu debit ATM atau Kartu Kredit. Apabila pemesan tiket atau calon penumpang kereta api ingin membayar melalui ATM, tinggal klik saja tombol “ATM”, kemudian tombol pilihan “Selanjutnya”. Para calon penumpang kereta api juga dapat membayarnya melalui berbagai rekanan dari PT. KAI yakni di beberapa minimarket rekanan PT. KAI, atau di kantor pos terdekat, dengan memperoleh struk yang jangan dibuang, karena terdapat barcode yang dapat berlaku sebagai boarding pass elektronik atau ditukarkan dengan tiket di stasiun kereta api terdekat atau stasiun kereta api tempat keberangkatan.

6. Proses pembayaran dan proses Konfirmasi Tiket

Catatlah ‘Kode Pembayaran” yang sudah diperoleh, karena penting dan diperlukan nanti saat akan dilakukan pembayaran tiket melalui ATM atau rekanan dari PT. KAI. Perlu diingat pula agar struk pembayaran jangan dibuang, karena saat ini sudah diakui adanya online boarding pass, sehingga cukup menunjukkan bukti pembayaran tersebut pada saat keberangkatan maka sudah dapat berlaku sebagaimana layaknya tiket kereta api biasa.

Demikian pembahasan kali ini mengenai pembelian dan pemesanan tiket kereta api online.

News Feed