by

Penurunan Pendengaran dan Penanganannya yang Harus Anda Ketahui

Apakah Anda merasa pendengaran menurun beberapa waktu belakangan ini? Saat terjadi penurunan pendengaran, tentu saja interaksi dan komunikasi menjadi terhambat. Hal tersebut sudah pasti membuat Anda menjadi kerepotan bukan? Telinga terdiri atas berbagai bagian yaitu bagian dalam, tengah, dan luar. Telinga bagian tengah berisi tulang kecil yang dikenal dengan tulang palu, bagian luar terdiri dari daun telinga dan bagian dalam berisi koklea.

Terjadinya Penurunan Kemampuan Pendengaran

Secara umum kemampuan telinga menurun terjadi jika sinyal suara tidak sampai ke otak. Penurunan pendengaran ini disebabkan berbagai macam faktor seperti terpapar suara yang keras, usia yang semakin bertambah dan mengkonsumsi beberapa obat. Ada 2 jenis gangguan yang dibedakan dari letak kelainan yaitu sensorineural serta konduktif.

Gangguan pendengaran bisa terjadi secara tiba-tiba, namun biasanya berkembang secara bertahap. Tanda-tanda gangguan pendengaran seperti kesulitan mendengar ucapan seseorang dengan jelas, sehingga terjadi kesalahpahaman pada apa yang mereka sampaikan, hingga meminta seseorang berulang kali mengulang kalimat yang mereka katakan.

Cara Mengobati Gangguan Pendengaran

Bila Anda mengalami gangguan pendengaran, ada beberapa pengobatan yang bisa ditempuh, bergantung dari penyebab dan tingkat keparahan pendengaran yang dialami, berikut beberapa cara mengobati gangguan pendengaran, antara lain:

  • Gangguan pendengaran sensorineural. Gangguan pendengaran ini memiliki sifat permanen, sehingga cara mengobatinya dengan memaksimalkan pendengaran. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan alat bantu dengar. Dengan cara kerja alat bantu dengar yang optimal, suara menjadi lebih mudah di dengar. Jika gangguan yang terjadi sudah parah, implan koklea adalah pilihan berikutnya.
  • Gangguan pendengaran konduktif. Untuk gangguan pendengaran ini, biasanya dokter akan membersihkan kotoran yang menyumbat telinga dengan menggunakan minyak, setelah itu dokter akan membuang kotoran dan mengobati telinga yang terinfekti.

Jika Anda harus menggunakan alat bantu pendengaran, Anda bisa mengunjungi pusat alat bantu dengar melawai dan menemukan alat bantu pendengaran yang cocok sesuai dengan masalah yang Anda alami. Untuk masalah harga, Anda tidak perlu cemas karena pusatalatbantudengarmelawai membanderol harga alat dengan sangat terjangkau.

News Feed