by

Sering Mual Ketika Hamil? Ini Cara Menghilangkan Mual

Cara Menghilangkan Mual saat HamilMual ketika sedang hamil, terutama hamil muda atau tiga bulan pertama, sering pula disebut dengan morning sickness. Disebut morning sickness karena paling banyak terjadi di pagi hari. Namun, bukan berarti mual hanya terjadi di pagi hari, loh. Ibu hamil kerap mendapatkan morning sickness di malam hari, siang dan sore. Bahkan, untuk kasus yang lebih berat, ada yang mengalaminya sepanjang hari. Mual ini biasanya akan berakhir dengan muntah, meski tidak seluruhnya.

Sebagai tambahan, beberapa ibu hamil juga menderita sakit kepala baik ringan maupun berat ketika mengalami morning sickness ini. Sebenarnya, ini merupakan hal yang normal. Karena, mual tersebut dipengaruhi oleh perubahan hormonal tubuh, karena ada perubahan di dalam tubuh wanita hamil. Namun, bila mual terus, tentunya akan mengganggu aktivitas dan terasa tidak nyaman, bukan?

Untuk itu, ada beberapa tips untuk menghilangkan mual ini. Karena, apabila tidak dihilangkan, maka kelanjutannya mual ini akan mengganggu selera makan juga istirahat. Apalagi, ada kasus wanita hamil tidak hanya akan mual pada 3 bulan pertama saja. Ada yang tetap merasakan mual tersebut sampai bulan keempat, dan kelima. Bahkan, ada juga yang terus dilanda rasa mual ini sampai bulan ke sembilan. Biasanya, pada kasus ibu hamil yang mengandung anak kembar, maka selama kehamilannya kemungkinan besar akan dilanda mual ini.

Ada berbagai cara untuk menghindari mual ketika hamil ini. Berikut beberapa caranya:

1. Perbanyak Istirahat

Anda tentunya sangat dilarang untuk tidur lebih larut. Karena, badan yang letih karena istirahat kurang akan menjadikan Anda lebih sering diserang mual ini. Oleh karena itu, usahakan tidur lebih awal. Meskipun demikian, usahakan juga agar tetap bangun lebih awal.

2. Jangan biarkan perut kosong

Ini juga sebuah hal yang harus dihindari. Ibu hamil harus sebisa mungkin tidak membiarkan perutnya kosong. Jadi, Anda mungkin bisa menyiapkan cemilan di kamar, untuk segera mengisi perut ketika baru bangun. Tidak hanya itu, makanan yang Anda konsumsi juga musti tinggi protein, vitamin dan mineral.

3. Lemon dan jahe

Kedua tanaman ini, lemon dan jahe sangat baik untuk ibu hamil. Apabila Anda suka minum teh, maka teh lemon dan teh jahe bisa menjadi pilihan utama. Teh jahe bisa menjadi minuman di malam dan pagi hari. Sedangkan teh lemon, bisa untuk diminum pada siang hari.

4. Jangan kurang minum air

Anda musti memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan cukup. Bahkan, harus lebih banyak ketimbang saat tidak hamil. Ibu hamil memerlukan cairan tubuh lebih banyak dari biasanya. Jadi, disarankan untuk minum sekitar 12 gelas sehari untuk mengurangi kemungkinan mual.

5. Mendengarkan musik

Percaya atau tidak, mendengarkan musik terutama menggunakan headset atau headphone membantu Anda menghilangkan mual. Apalagi, ketika hamil Anda masih tetap bekerja, dan berada di atas kendaraan. Nikmati musik, agar Anda bisa menghilangkan mual saat hamil.

6. Hindari tidur setelah makan

Meski harus memperbanyak istirahat, namun Anda harus menghindari tidur siang setelah makan. Sebab, Anda bisa tambah mual setelah itu. Masih masalah makan, sebaiknya makanan pedas, panas, gorengan, asam, dan berlemak harus dihindari agar tidak sering diserang mual.

7. Cari tempat yang nyaman dan hindari yang membuat mual

Ini jurus terakhir yang menjadikan Anda semakin jauh dari mual. Anda harus menghindari tempat-tempat yang membuat Anda tidak nyaman, seperti terlalu panas dan sumpek. Sebab, hal itu bisa memancing mual Anda. Ditambah lagi, hindari aroma atau makanan yang bisa memancing mual Anda.

Di atas tadi adalah beberapa dari tips mengatasi mual, serta menghindari mual ketika hamil. Namun, apabila Anda masih merasakan mual, tentunya Anda bisa mencoba melakukan relaksasi sesaat agar keluhan tersebut berkurang.

Apabila masih merasa mual, dan dirasa sudah terlalu berbahaya, maka sebaiknya segera menghubungi dokter atau datang ke rumah sakit. Khususnya, bila mual Anda berakhir dengan muntah darah, badan lemas dan suhu tubuh naik, serta susah buang air besar dan kecil.

News Feed