Teripang – Hewan Laut Penuh Manfaat yang Hampir Punah

Kesehatan11 views

Teripang atau yang dikenal dengan nama sea cucumber adalah hewan laut yang bentuknya panjang seperti timun. Teripang sendiri merupakan kelompok hewan laut dari filum Echinodermata. Tubuh teripang ditutupi kulit yang agak lunak dan berduri.

Teripang hidup di dasar laut, biasanya di terumbu karang atau padang lamun. Teripang memakan plankton dan partikel organik yang ada di dasar laut dengan menyedotnya melalui mulutnya. Fungsi lain mulut teripang adalah untuk pernapasan dan pembuangan limbah.

Ada lebih dari 1.700 spesies teripang di seluruh dunia. Beberapa jenis teripang yang terkenal dan memiliki nilai ekonomis tinggi adalah teripang pasir, teripang mutiara, teripang koro, dan teripang coklat.

Teripang telah dikonsumsi di berbagai belahan dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Di Asia, teripang dianggap sebagai makanan yang mewah dan eksotis. Tekstur daging teripang yang kenyal, rasa gurih, dan kandungan nutrisi tinggi adalah alasan teripang disukai.

Teripang kaya akan protein, lemak tak jenuh, glukosamin, saponin, kalsium, magnesium, seng, dan besi. Teripang juga mengandung vitamin A, B, C, dan E. Kandungan nutrisi inilah yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Teripang Bagi Kesehatan

Teripang dikenal memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan sendi dan tulang, menormalkan tekanan darah, serta mengatasi asam urat.

  • Mengandung senyawa bioaktif

Senyawa bioaktif seperti glukosamin, saponin triterpenoid, sphingosine, dan cerebroside adalah komponen kimia teripang yang bermanfaat untuk antibakteri, antikanker, antidiabetes, dan antiinflamasi.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saponin dan polisakarida pada teripang dapat menstimulasi sel plasma untuk memproduksi antibodi sehingga sistem imun meningkat. Teripang juga mampu menekan pertumbuhan virus, parasit, dan jamur berbahaya.

  • Melancarkan peredaran darah

Saponin dalam teripang dapat membantu menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah. Aliran darah jadi lebih lancar sehingga risiko penyakit jantung dan stroke berkurang.

  • Sumber kalsium untuk tulang dan gigi

Kandungan mineral seperti kalsium, zinc, dan magnesium dalam teripang membantu memperkuat tulang serta mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Gigi juga menjadi lebih kuat.

  • Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dan nutrisi dalam teripang tidak hanya menyehatkan tubuh tapi juga kulit. Teripang bisa mencegah penuaan dini dan membuat kulit lebih halus serta bercahaya.

Namun, populasi teripang saat ini terancam punah. Spesies teripang banyak yang terdaftar dalam International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red Lists sebagai hewan yang terancam punah.

Perburuan teripang secara berlebihan untuk perdagangan hidup, bahan makanan, dan obat-obatan tradisional dinilai sebagai ancaman utama. Kerusakan habitat akibat pencemaran, sedimentasi, dan penangkapan ikan yang merusak terumbu karang juga berdampak pada populasi teripang.

Untuk melindungi teripang dari kepunahan, beberapa upaya perlu dilakukan seperti pembatasan penangkapan teripang, domestikasi atau budidaya teripang, serta pelestarian habitat tempat teripang hidup yaitu terumbu karang dan padang lamun.

Dengan demikian, keberadaan teripang yang begitu bermanfaat bagi kesehatan dan ekonomi tidak hilang di masa depan. Generasi mendatang pun masih bisa menikmati manfaat sea cucumber. Itulah informasi mengenai teripang, mulai dari ciri fisik, manfaat kesehatan, hingga upaya konservasi agar hewan laut yang mirip timun ini tidak punah. Teripang, si penuh khasiat tapi sangat rentan. Lindungi dan lestarikan!