by

Tips Berlibur Saat Cuaca Panas

Anda ingin berlibur ke daerah Indonesia namun cuaca sedang panas-panasnya? Contohnya, ke Jogjakarta. Ya, kota yang selalu dikaitkan dengan Gudegnya ini memang terkenal sebagai kota yang menyenangkan. Dengan iklim Indonesia yang tropis ini, panas matahari bukanlah penghalang untuk berlibur. Namun, beberapa tempat wisata seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur adalah contoh komplek candi yang akses masuknya lumayan panas. Bagaimana ya cara menyiasatinya? Simak tips berikut ini, ya.

Pastikan Terhidrasi

Jagalah tubuh Anda agar selalu terhidrasi jika berlibur saat cuaca panas. Bawalah air minum kemanapun dan usahakan minum air satu jam sekali. Aktivitas di cuaca panas otomatis membuat tubuh Anda mengeluarkan keringat. Jika cairan keringat yang keluar tidak dibarengi dengan minum yang banyak, Anda bisa dehidrasi bahkan pingsan karena kekurangan cairan. Memakan buah yang banyak mengandung air seperti kelapa muda dan semangka juga sangat membantu kecukupan cairan tubuh.

Memakai Baju Yang Nyaman

Cuaca yang panas sudah pasti membuat Anda akan berkeringat dan tidak nyaman. Namun Anda bisa mengakalinya dengan memilih pakaian yang longgar, ringan serta menutupi kulit Anda, tujuannya adalah agar sinar matahari tidak langsung mengenai kulit. Hindari memakai pakaian yang terbuka, karena akan mengakibatkan kulit Anda terbakar bahkan dapat mengarah ke kanker kulit. Pemilihan pakaian yang benar juga dapat berpengaruh terhadap bau badan jika Anda berkeringat berlebih. Maka, pilihlah bahan pakaian yang berbahan katun atau airy.

Perlindungan Ekstra

Setelah memilih pakaian, langkah selanjutnya adalah memakai sunblock atau sunscreen serta membawa barang pendukung. Mulailah memakai sunblock atau sunscreen di pagi hari, lalu pakai lagi kira-kira empat sampai lima jam setelahnya. Tujuannya agar kulit Anda tetap terlindungi sepanjang hari. Jangan lupa juga membawa barang pendukung seperti payung dan topi untuk membantu menghalau sinar matahari. Serta membawa handuk dan kipas angin portable untuk menjaga suhu tubuh Anda tetap stabil.

Istirahat

Salah satu hal penting yang dilakukan ketika sedang berlibur saat cuaca panas adalah jangan lupa istirahat. Berlibur memang kegiatan yang menyenangkan, bahkan saking senangnya, kadang badan terlalu diforsir untuk mengunjungi beberapa tempat. Istirahatlah dengan tidur yang cukup setiap malam sepanjang berlibur. Jangan lupa juga untuk selalu cari tempat berteduh ketika sedang berjalan-jalan, hal itu dapat membantu memulihkan tenaga Anda yang terkuras selama perjalanan. Tidak mau kan tiba-tiba pusing dan mual saat berada di kawasan Candi Borobudur karena kelelahan?

Jika tips di atas sudah dilakukan, saatnya berkemas dan siap-siap berangkat. Siapa tahu saat selesai berjalan-jalan di Jogjakarta, Anda ingin bermalam di Magelang atau belajar membatik di Solo. Yuk, berangkat!