by

Tips Tepat Memilih Sabun Pembersih untuk Kulit Wajah Berjerawat

Siapa saja bisa saja mengalami masalah jerawat, termasuk kamu juga. Saat kondisi kulit wajahmu sedang berjerawat, maka diperlukannya perawatan yang sesuai. Misalnya saja dalam membersihkan wajah, diperlukannya penggunaan sabun pembersih wajah yang cocok untuk kulit berjerawat dan berkomedo yang khusus. Biasanya sabun pembersih wajah yang baik dan paling cocok untuk kondisi kulit yang berjerawat itu harus mengantongi terlebih dahulu label bebas minyak atau oil free atau non-comedogenic.

Selain memiliki kriteria kriteria tersebut masih adanya hak lain yang harus diperhatikan saat akan memilih sabun pembersih wajah untuk kulit berjerawat. Oleh karena itu berikut dibawah ini adanya tips memilih sabun pembersih wajah yang tepat untuk kondisi kulit yang berjerawat, diantaranya yaitu:

Tips Tepat Memilih Sabun Pembersih untuk Kulit Wajah Berjerawat

  1. Memilih Produk Dengan Kandungan Yang Sesuai Dengan Jenis Jerawat

Jerawat berdasarkan jenisnya terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :

  • Blackheads, Whiteheads, dan Jerawat Hormonal yang cocok menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung Salicylic Acid.
  • Bintik merah (Pimples) yang sebaiknya menggunakan produk dengan kandungan Benzoyl Peroxide.
  • Jerawat batu (Cystic Acne) yang harus ditangani khusus dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung Glycolic Acid.
  1. Memeriksa Kandungan Sabun Pembersih Wajah Supaya Sesuai Dengan Jenis Kulit

Perlu diketahui jika tidak semua produk sabun pembersih wajah itu cocok untuk kulit wajah berjerawat karena adanya beberapa kandungan bahan yang kemungkinannya tidak akan cocok dengan jenis kulit tertentu. Misalnya saja bahan bahan yang bersifat oily seperti minyak kelapa, mineral oil, dan petrolatum yang justru dapat menyumbat pori pori, sehingga mereka yang kulitnya berminyak dan kombinasi harus menghindarinya.

Sedangkan bagi mereka yang kulitnya sensitif harus menghindari sabun pembersih wajah yang dapat memicu iritasi sebagai contoh yang mengandung paraben, wewangian, dan juga alcohol karena bisa juga menyebabkan kulit menjadi kering. Kemudian, meski kandungan seperti salicylic acid yang merupakan bahan paling efektif untuk membasmi jerawat, tetapi bagi mereka yang kulitnya kering atau sensitif sebaiknya tidak menggunakannya.

Tetapi bagi mereka yang memiliki kulit normal, hampir seluruh produk pembersih wajah bisa digunakan. Hanya saja yang harus diperhatikan oleh orang orang dengan kulit normal ataupun jenis kulit lainnya adalah tetap mengutamakan produk yang mengandung sedikit alkohol. Sebisa mungkin memilih produk pembersih wajah untuk kulit berjerawat yang tidak mengandung alkohol untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Memilih Sabun Pembersih Wajah Dengan Moisturizing Formula Supaya Terhindar Dari Efek Kering Dan Flaky

Saat kamu sering membersihkan kulit wajah tidak hanya berpotensi dapat memperburuk kondisi jerawat saja. Tetapi sabun pembersih wajah yang dirancang untuk menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit ini bisa berisiko merusak acid mantle, sehingga akan berkurang fungsinya sebagai penghalang alami terhadap bakteri penyebab jerawat.

Adanya beberapa surfaktan pada sabun muka yang tergolong OTC (On The Counter) yang juga bisa menjadikan wajah terlalu kering, sehingga sangat penting memilih produk sabun wajah yang diformulasikan dengan bahan pelembab. Emolien seperti lanolin, ceramides, dan yang lainnya dapat membantu kulit kamu supaya tetap terhidrasi dengan baik.

Selain itu juga golongan humektan seperti gliserin memungkinkan kulit dapat mempertahankan kelembapan lebih lama karena sifat higroskopik yang menyebabkan tetap terhidrasinya kulit. Kandungan gliserin banyak dimanfaatkan sebagai komponen pelembap pada berbagai macam skincare, dan salah satunya sabun muka.

  1. Memilih Jenis Sabun Pembersih Wajah Berdasarkan Kemudahan Pemakaiannya

Wujud produk pembersih wajah ini secara umum terbagi menjadi 3 jenis yaitu batangan, cair atau facial foam, dan juga bubuk atau powder cleanser. Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini penjelasan tentang kelebihan dan kekurangannya masing masing :

  • Sabun Batangan

Sabun batangan ini memiliki keunggulan dari sisi daya pembersih dan sedikit bahan aditif. Jika kamu mengharapkan hasil pembersihan yang optimal, maka sangat tepat jika memilih sabun pembersih wajah dalam wujud batangan ini karena kuat daya pembersihnya. Setelah menggunakan produk sabun batangan ini dapat dirasakannya sensasi segar. Selain itu juga baik untuk kulit karena sedikit bahan kimia atau zat aditif lainnya.

Sabun pembersih wajah ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau kulit kombinasi yang cenderung berminyak. Sedangkan bagi mereka pemilik kulit kering sebaiknya menghindari menggunakan sabun jenis ini karena dapat menyebabkan wajahnya menjadi semakin kering. Jadi jika kamu tertarik menggunakan sabun pembersih wajah dalam wujud soap bar ini, maka pastikan selalu menggunakan pelembab setelah perawatan supaya tidak menjadi kering kulitnya.

  • Facial Foam

Mereka pemilik kulit kering akan memerlukan sabun pembersih wajah yang kaya akan bahan pelembab. Sabun muka dalam wujud facial foam ini merupakan pilihan terbaik karena wujudnya yang menyerupai pasta dan kaya akan bahan pelembap, serta tidak meninggalkan kesan kesat yang terlalu berlebihan pada kulit. Facial foam juga bisa dipilih oleh orang dengan kulit berminyak.

Supaya daya pembersihnya meningkat, biasanya facial foam akan menggunakan bahan surfaktan dan bahkan beragam bahan aditif lainnya sehingga sangat disarankan untuk dihindari oleh mereka yang memiliki kulit sensitif. Meski begitu mereka yang kulitnya sensitif tetapi bisa memilih facial foam untuk kulit berjerawat ini, asalkan produk yang digunakannya itu tidak mengandung atau sedikit kandungan zat aditif kimianya.

  • Powder Cleanser

Powder Cleanser belakangan ini ramai menjadi bahan perbincangan dikalangan para beauty vlogger. Memang produksinya itu belum semarak micellar water, tetapi pembersih wajah dalam bentuk bubuk ini mulai digandrungi karena berbagai alasan. Dimana kamu bisa mengatur konsistensi penggunaan bubuk atau airnya sesuai tujuannya, apakah menggunakannya itu sebagai exfoliator atau daily cleanser? It’s up to you!.

Kelebihan yang ditawarkan powder cleanser ini adalah lebih awet dan dapat mempersulit berkembangnya bakteri atau jamur karena bentuknya bubuk. Selain itu juga umumnya powder cleanser ini diformulasikan dari bahan bahan alami yang dicampurkan dengan bahan bahan lainnya yang sesuai dengan tujuannya, sebagai contohnya untuk mengatasi masalah jerawat.Tetapi sayangnya masih sangat sulit untuk bisa menemukan sabun pembersih wajah dalam bentuk powder di Indonesia. Jika kamu tertarik sangat disarankan untuk membeli produk keluaran Kanebo asal Jepang seperti Kanebo Suisai Beauty Powder Wash.

Dengan adanya tips diatas diharapkan kamu bisa mendapatkan produk pembersih wajah yang paling cocok berdasarkan jenis kulit dan jenis jerawatnya. Sedangkan untuk proses pembersihannya itu sebaiknya tidak lebih dari dua kali dalam sehari supaya terhindar dari terjadinya kerusakan skin barrier. Waktu terbaik untuk membersihkan wajah ini adalah pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari menjelang tidur. Dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang terbaik untuk kulit berjerawat, kamu tidak perlu khawatir lagi akan mengalami gangguan jerawat di kemudian hari.

News Feed